Besok, 165 PPK Dilantik

647

Media Malang – Memanfaatkan gedung DPRD Kabupaten Malang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang melantik petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Total ada 165 PPK dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang, masing-masing lima orang dari setiap kecamatan.

Divisi Teknis Penyelenggaran dan Data KPU Kabupaten Malang Sofie Rahmad Dewi, mengatakan pelantikan anggota PPK ditempatkan di gedung DPRD Kabupaten Malang. Petugas PPK terpilih akan dilantik langsung oleh Ketua KPU, dengan disaksikan Forpimda Kabupaten Malang serta seluruh Camat.

“Sebelum dilantik besok (hari ini, red) mereka sebelumnya sudah melalui penjaringan sejak 19 April lalu. Kemudian menjalani tes tulis pada 2 Mei lalu. Total sebanyak 433 orang yang ikut seleksi, namun yang terpilih 165 orang,” kata Sofie kepada wartawan.

Setelah dilantik, kata dia, pada 10 Mei petugas PPK ini diminta langsung bekerja. Salah satunya adalah membentuk secretariat dengan satu sekretaris serta dua staff pelaksana.

Setelah itu, petugas PPK juga membantu KPU memproses pembentukan panitia pemungutan suara (PPS) di setiap desa.

Nantinya setiap desa dipilih tiga orang untuk menjadi PPS. Paling lambat, pada 18 Mei nanti petugas PPS sudah harus terbentuk.

“Untuk pembentukan PPS ini, kami minta petugas PPK berkoordinasi dengan Muspika serta pemerintahan desa dalam penjaringan petugas PPS,” tuturnya.

Ditambahkan, setelah proses pemilihan PPS ini selesai, program KPU selanjutnya adalah pemutakhiran data pemilih pada bulan Juni. Sedangkan untuk pendaftaran Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati pada 26 28 Juli 2014.


 

Penulis : Putra Ismail
Editor : Puspito Hadi

Leave A Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.