Berikut Plus Minus Daftar Jadi PNS

0

MEDIA MALANG – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil ( CPNS) 2018 akan dibuka pada 19 September 2018. Sebanyak 238.015 formasi akan tersedia untuk diperebutkan jutaan calon pendaftar. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan sejumlah lembaga terkait juga telah mematangkan persiapan untuk menjelang pendaftaran.

Informasi rekrutmen CPNS masih memikat sebagian masyarakat. Sebab, banyak yang menilai banyak keuntungan jika kita bekerja sebagai abdi negara. Apa saja kelebihan dan kekurangan jika bekerja sebagai PNS? Berikut gambarannya:

1. Tunjangan kinerja Tunjungan merupakan tambahan seseorang dalam sebuah pekerjaan. Namun, tak semua pekerjaan seorang mendapatkan tunjangan. Ada beberapa tahapan tersendiri untuk mendapatkan itu.

Ketika Anda menjadi PNS, pastinya seseorang mudah mendapatkannya. Biasanya, tunjangan kinerja akan diterima seseorang bersamaan dengan gaji pokok tiap bulan. Aturan mengenai tunjangan bagi PNS diatur dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dengan demikian, ada kepastian setiap PNS mendapatkannya.

2. Tunjangan pensiun
Kelebihan seseorang menginginkan menjadi PNS adalah adanya tunjangan pensiun.

Beberapa perusahaan lain, ada yang memberikan dan ada yang langsung mendapatkan pesangon. Namun untuk PNS, sistem tunjangan akan dibayarkan sampai PNS tersebut meninggal dan selanjutnya ke anaknya. Aturan mengenai tunjangan bagi PNS diatur dalam Pasal 91 di Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

3. Mudah mendapatkan pinjaman bank
Selain mendapatkan berbagai tunjangan, PNS juga diberikan kemudahan ketika ingin mengambil pinjaman di bank. Status sebagai aparatur negara menjadikan bank memberikan layanan dan kemudanaan untuk itu. Apalagi kalau ada jaminan Surat Keputusan (SK) PNS akan lebih mudah.

4. Gaji pokok
Sesuai jabatan dan golongan Gaji seorang PNS berdasarkan golongannya dan masa kerjanya.
Gaji akan bertambah apabila bertambahnya masa kerja dan naiknya sebuah golongan. Selain itu, apabila seseorang menempati posisi-posisi penting, dia akan mendapatkan tunjangan lain.

5. Jaminan kesehatan dan jenjang karier Menjadi seorang abdi negara, otomatis akan mendapatkan jaminan kesehatan yang telah dipersiapkan oleh pemerintah. PNS mendapatkan jaminan kesehatan dari pemerintah baik itu melalui BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Jenjang karier dalam PNS juga terbuka lebar.

Kinerja maksimal dari seseorang akan mempengaruhi jenjang kariernya menjadi lebih baik dan tinggi. Ketika itu sudah didapatkan, fasilitas lain akan mengikuti. 6. Jam kerja yang stagnan Ketika bekerja sebagai PNS, maka harus terbiasa denagn pekerjaan yang stagnan. Artinya, mereka harus membiasakan diri dengan sistem jam kerja dari 8-9 jam setiap harinya.

Jika Anda menginginkan menjadi PNS, maka harus membiasakan diri dengan sistem kerja seperti itu. Sanksi sudah disiapkan bagi PNS yang dianggap tak memenuhi jam kerja, yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

7. Siap dipindahkan ke berbagai lokasi Karena memang untuk mengabdi untuk negara, PNS harus siap untuk dipindahkan ke mana saja sesuai dengan surat keputusan dari pemerintah. Mereka tak bisa menolak dan membantah ketika sudah dipindahkan pada suatu tempat. Bahkan, ini bisa menjadikan jabatanya lebih tinggi ke jabatan yang lain, atau bahkan turun dari jabatan sebelumnya.

8. Jalur karier PNS yang panjang
Pengabdian seorang PNS merupakan pengabdian hidup kepada negara. Seseorang harus mendedikasikan waktu, ilmu, dan tenaganya untuk kepentingan negara. Oleh karena itu, karier seorang PNS panjang dari masa masuknya menjadi PNS hingga dia pensiun antara usia 60-65 tahun sesuai jabatan dan lembaga terkait. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : kompas.com

Comments are closed.