Viewed 14 Times

Bangun Bandara di Kediri, GG Harus Sediakan 400 Hektare

0

MEDIA MALANG – PT Gudang Garam Tbk (GGRM) dipastikan akan membangun Bandara Kediri, Jawa Timur. Hal ini dipastikan setelah pemerintah melakukan rapat koordinasi dengan Gudang Garam di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso mengatakan, bandara tersebut memang akan dibangun oleh swasta. Saat ini, kata dia, perusahaan tersebut tengah mengusulkan izin prinsip Bandara Kediri.

“Kemudian beralih ke penetapan lokasi, tetapi kita harus mendapatkan suatu rekomendasi dari Pemda setempat. Kami Kemenhub tidak bisa menetapkan sendiri tanpa adanya rekomendasi dari Pemda setempat. Saat ini Rencana Tata Ruang dan Wilayah sedang dibuat,” kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Agus menuturkan, semua investasi dalam pembangunan Bandara Kediri ini akan dibiayai oleh swasta. Meski begitu, pihaknya tidak memberitahukan berapa nilai investasi yang dikeluarkan.

Nantinya, lanjut dia, Bandara Kediri akan dibangun di atas lahan seluas 400 hektare.

“Jadi mulai dari pembebasan tanah, pengerjaan, dan pematangan tanah sampai kontruktsi itu dikerjakan oleh swasta. Bandara ini juga nanti difungsikan untuk umum,” kata dia Ditemui di tempat yang sama.

Wakil Direktur Gudang Garam Susanto Widiatmoko mengatakan, proyek pembangunan ini masih dalam tahap awal. Perseroan baru meminta izin prinsip membangun Bandara Kediri. Pembangunan Bandara Kediri ini masuk ke dalam tanggung jawab sosial dari perseroan atau Corporate Social Responsiblity (CSR) kepada masyarakat sekitar.

“Tetapi kami belum memprediksikan kira-kira kapan (pembangunan). Semuanya kami serahkan ke Pak Dirjen untuk membantu kami menata semuanya,” pungkas dia. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : kompas.com

Comments are closed.