Aduan Politik Uang Jelang Pencoblosan Pilkada Marak 

0

MEDIA MALANG – Badan Pengawas Pemilu Jawa Timur mengaku akhir-akhir ini banyak menerima aduan adanya dugaan politik uang dalam rencana Pemilihan Kepala Daerah baik Bupati, Walikota dan hingga Gubernur menjelang pencoblosan 27 Juni 2017.

“Hampir di semua daerah ada laporan, tapi yang banyak kami terima hanya isu-isu politik uang. Tapi semuanya kita tangani,” ujar Divisi Hukum Bawaslu Jatim Totok Hariyono di Malang, pada wartawan, Selasa (19/6).

Ia mengungkapkan aduan tentang dugaan politik uang itu ada hampir di seluruh daerah di Jatim. Laporan yang masuk berupa lisan hingga tertulis.

Pihaknya juga langsung melakukan penelusuran dugaan tersebut, namun hingga analisis akhir dugaan yang dilaporkan oleh warga tersebut tidak benar.

“Umumnya, warga melaporkan adanya pelanggaran pilkada tanpa disertai bukti-bukti pendukung yang menguatkan,” ungkap dia.

Pihaknya tetap intensif melakukan pengawasan mengantisipasi berbagai macam pelanggaran pilkada. Selain itu, Bawaslu Jatim juga tetap mengimbau ke tim pemenangan pasangan calon agar tidak menggunakan politik uang memenangkan pilkada.

“Kami juga meminta masyarakat turut mengawasi dan bila ada pelanggaran bisa langsung melapor baik lisan maupun tertulis ke panitia pengawas kecamatan. Nantinya, laporan itu pasti ditindaklanjuti oleh Bawaslu,” tegas dia. (*)

Penulis : Didik Fibrianto

Editor : Puspito Hadi

Comments are closed.