Viewed 10 Times

4 Hal yang Bikin Berisiko Tinggi Terkena Kanker Darah

0

MEDIA MALANG – Kanker darah atau yang juga dikenal dengan sebutan leukimia adalah jenis kanker yang terjadi akibat tumbuhnya sel abnormal dalam darah yang kemudian menyerang sel-sel darah putih. Padahal sel darah putih yang dihasilkan oleh sumsum tulang belakang ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari benda asing atau penyakit berbahaya. Sehingga saat kesehatan sel darah putih terganggu akibat kanker, tubuh juga rentan untuk terkena penyakit lainnya.

Berbahayanya, kanker darah sama sekali tak menunjukkan gejala mencurigakan di awal. Namun jika kamu mengalami hal-hal berikut ini maka berhati-hatilah sebab bisa jadi kamu berisiko tinggi untuk terkena leukimia.

Keturunan atau genetika
Coba tengok orang tua atau para pendahulumu, apakah ada yang menderita kanker darah? Jika ya, kami bisa berisiko tinggi untuk mengidap kanker darah. Biasanya leukemia limfatik kronis akan sering diturunkan dalam keluarga dan dialami oleh pria.

Terkena paparan radiasi tinggi
Tinggal atau bekerja di daerah yang terpapar radiasi tinggi atau zat-zat kimia berbahaya juga memperbesar peluang untuk mengalami kanker darah.

Merokok
Rokok sudah lama dikenal sebagai zat yang membahayakan tubuh karena ribuan jenis racun yang ada di dalamnya akan merusak kesehatan sel, termasuk sel darah yang kemudian berujung dengan timbulnya penyakit kanker darah.

Pernah menderita kanker
Jika sebelumnya kamu pernah menderita kanker dan menjalani pengobatan seperi kemoterapi atau radioterapi, maka hal ini juga memperbesar risiko munculnya penyakit leukimia.

Jadi, apakah kamu pernah mengalami salah satu dari gejala di atas? (*)

Editor   : Puspito Hadi

Sumber : merdeka.com

Komentar Anda

Komentar

Comments are closed.