18 Penumpang Kapal Tenggelam di Danau Toba Berhasil Selamat

0

MEDIA MALANG – Pencarian korban kapal tenggelam di Danau Toba terus dilanjutkan. Hingga pagi ini, ada 19 penumpang KM Sinar Bangun yang ditemukan, 18 di antaranya selamat.

“Informasi yang sudah ditemukan 19 orang, 1 kondisi meninggal dunia,” kata Kabid Humas Polda Sumut, AKBP Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Selasa (19/6/2018).

Korban meninggal dunia bernama Tri Suci Ulandari (24), warga Aceh Tamiang. Sementara itu, korban yang berhasil diselamatkan 14 orang di antaranya berjenis kelamin laki-laki dan 4 di antaranya perempuan.

“Kapal tidak ada manifesnya jadi jumlah korban masih didata di posko KM Sinar Bangun,” ungkapnya.

KM Sinar Bangun tenggelam pada Senin (18/6) sekitar pukul 17.30 WIB karena cuaca buruk. KM Sinar Bangun saat itu berangkat dengan rute Pelabuhan Simanindo (Kabupaten Samosir) ke Pelabuhan Tigaras (Kabupaten Simalungun).

Pencairan dilanjutkan

Pencarian korban kapal tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara bakal dilanjut hari ini. Pencarian bakal dimulai sekitar pukul 06.00 WIB.

“Besok pagi (hari ini) dilanjutkan lagi pukul 06.00 WIB,” kata Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Lubis, Senin (18/6/2018) malam.

Pencarian korban dari tenggelamnya KM Sinar Bangun itu diakhiri pada pukul 20.00 WIB kemarin malam karena cuaca buruk. Hingga pencarian dihentikan, ditemukan 17 korban selamat dan 1 korban tewas.

“Yang ditemukan baru 1 (korban tewas). Terakhir yang terupdate itu ada 17 orang (korban selamat),” kata Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat saat dihubungi detikcom secara terpisah.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Di dalam kapal tersebut ada puluhan orang yang hendak berlayar dari Pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Tigaras Parapat, Kabupaten Simalungun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Samosir, Maher Tamba, mengatakan belum diketahui pasti jumlah penumpang kapal kayu yang tenggelam terebut. Kapal ini diduga mengalami kecelakaan akibat putusnya tali kemudi kapal usai diterjang ombak dan angin. (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : detik.com

Comments are closed.