10 Bisnis Startup Asal Surabaya Ini Sukses

0

MEDIA MALANG – Di era digital sekarang ini, banyak sekali startup bermunculan dalam berbagai bidang layanan. Salah satu kota di Indonesia yang fokus dalam pengembangan startup lokal adalah Surabaya.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mendukung industri kreatif masyarakatnya dengan menyediakan co-working space. Risma juga mendukung program inkubasi dan akselerasi startup kreatif berbasis teknologi yang bernama “Start Surabaya”.

Tak hanya itu, Risma juga sempat mempromosikannya dalam sebuah diskusi panel di acara “Startup Nations Summit 2016”. Acara tersebut dilaksanakan di Cork, Irlandia, pada 2016 lalu.

Dalam acara tersebut, Risma mendapatkan peringkat kedua “Startup Nations Award for Local Policy Leadership 2016”. Penghargaan tersebut diberikan kepada Risma yang dinilai berhasil mengimplementasikan kebijakan dalam mendorong pengembangan startup di Surabaya.

Memangnya ada startup aja saja sih di Surabaya? Ada banyak banget lho! Tapi, ini dia beberapa startup asal Surabaya yang sangat bermanfaat untuk kamu!

1. Klub Laundry
Startup ini berupa wadah bagi penyedia jasa laundry dan mereka yang ingin mencuci pakaiannya. Klub Laundry terbentuk karena berbagai keluhan mengenai baju hilang, robek, maupun masalah negatif lainnya. Butuh jasa laundry? Coba cek di Klub Laundry!

2. Agenda Kota
Fokus utama startup ini adalah memberikan pengalaman akhir pekan terbaik bagi penggunanya dengan cara mendekatkan penyelenggara acara dengan pesertanya. Pengguna dapat melihat berbagai informasi acara yang diadakan setiap harinya. Pengin update berbagai event di Surabaya? Agenda Kota akan membantumu!

3. Reblood
Reblood adalah sebuah aplikasi yang dibuat untuk meningkatkan kepedulian terkait donor darah. Pengguna aplikasi ini juga akan diajak untuk hidup lebih sehat dengan melakukan kegiatan donor darah. Aplikasi ini juga merupakan salah satu bagian dari Start Surabaya, lho!

4. Anterin Dong
Startup lain yang juga termasuk dalam Start Surabaya adalah Anterin Dong. Startup ini merupakan sebuah platform yang menyediakan jasa pengiriman antar kota. Anterin Dong akan membantu penggunanya dalam melakukan pengiriman dan penjemputan barang, serta sebagai kurir pribadi.

5. IDN Media
IDN Media merupakan sebuah platform portal berita online yang menyasar anak muda atau generasi millennial dan generasi Z. IDN Media memiliki beberapa unit bisnis berupa portal berita dan creatiive network.

Salah satunya IDN Times yang menerbitkan ratusan artikel menarik dan bermanfaat bagi para pembaca. Startup ini diluncurkan pada 2014. Suka baca IDN Times, kan?

6. Kingdorm
Lagi cari kost? Atau ingin mempromosikan kost-kostanmu? Platform ini akan menghubungkan pemilik kost dengan mereka yang sedang mencari kost. Tentunya pencari kost akan lebih mudah menemukan tempat tinggal sesuai seleranya. Bermanfaat banget kan, platform ini!

7. Lifetime
Merupakan startup yang bergerak di bidang pemasaran dan keagenan. Lifetime mengembangkan 4 aplikasi mobile di Android dan iOS, yaitu Klik Market, Klik Lucky You, Raja Voucher, dan Klik Veggies Friend. Startup yang didirikan pada akhir 2015 ini telah memiliki 5.000 agen.

8. Log Evo
Platform ini berupa SaaS (software as a service) bagi perusahaan logistik agar dapat melakukan pelacakan kiriman dengan mudah dan aman. Log Evo memberi solusi untuk mencatat secara digital setiap perpindahan status barang yang dikirim. Sehingga dapat menanggulangi kesalahan pengiriman yang mungkin saja terjadi.

9. Masaku
Aplikasi ini bergerak dalam bidang pengiriman makanan di wilayah Surabaya. Ibu rumah tangga maupun UKM yang menjual makanan dapat dengan mudah terhubung dengan calon pembeli. Makanan yang dipesan pembeli juga dikirimkan oleh tim Masaku, lho. Bisnis UKM bisa makin berkembang, nih!

10. Riliv
Last but not least! Riliv adalah aplikasi penyedia jasa konsultasi bagi mereka yang merasa depresi atau sejenisnya. Pengguna dapat berkonsultasi langsung dengan mahasiswa psikologi atau psikiater profesional.

Tak hanya mereka yang memiliki masalah psikologi, seperti depresi, saja yang dapat berkonsultasi. Kamu juga bisa berkonsultasi secara bebas jika merasa cemas berlebihan atau tidak berani bicara di depan umum. Keren banget aplikasi ini!

Itu dia 10 startup asal Surabaya yang begitu bermanfaat untuk kamu. Masih banyak karya kreatif masyarakat Surabaya yang semakin berkembang, lho! Nah, daripada bergantung dengan aplikasi luar negeri, yuk dukung startup dalam negeri agar semakin maju! (*)

Editor : Puspito Hadi

Sumber : business.idntimes.com

Comments are closed.